Cara Otomatis Logoff Pengguna Idle di Windows 10

Cara Otomatis Logoff Pengguna Idle di Windows 10

 Cara Otomatis Logoff Pengguna Idle di Windows 10

Notebooks.my.id - Anda mungkin bertanya-tanya apakah Windows 10 dapat dikonfigurasi untuk logoff pengguna (bukan mengunci workstation) setelah tidak aktif dengan bantuan screen saver. Screen saver masuk setelah pengguna tetap diam atau tidak aktif selama waktu yang ditentukan. Saat Anda melanjutkan dari screen saver, Anda akan dimintai kredensial untuk kembali ke desktop Anda.


Windows 2003 Resource Kit Tools memiliki file screen saver winexit.scr, yang dikenal sebagai Windows Exit Screen saver atau Logoff screen saver yang melakukan hal itu. Namun, screen saver WinExit.scr menampilkan kesalahan berikut saat Anda mencoba menjalankannya di Windows Vista dan yang lebih tinggi, termasuk Windows 10.

Terjadi kesalahan saat membuat bagian registri.


Bagaimana cara membuat program yang dikembangkan 16 tahun lalu, bekerja di Windows 10? Artikel ini memberi tahu Anda cara menggunakan screen saver winexit.scr untuk keluar dari akun pengguna setelah batas waktu idle di Windows 10.


Logoff Otomatis Pengguna Tidak Aktif atau Menganggur di Windows 10


Menggunakan Penghemat Layar WinExit


 1. Unduh Alat Kit Sumber Daya Windows 2003 (rktools.exe — 11,7 MB) dari Pusat Unduhan Resmi Microsoft.

 2. Gunakan 7-Zip atau alat pengarsipan pihak ketiga lainnya untuk membuka rktools.exe dan kemudian buka di dalam file rktools.msi.

screensaver logoff winexit di windows 10

 3. Ekstrak winexit.scr dan salin ke C:\Windows\System32

 4. Jalankan Peninjau Suntingan Registri (regedit.exe) dan buka cabang berikut (masing-masing untuk sistem Windows 32-bit dan 64-bit):

[Untuk Windows 32-bit]

HKEY_LOCAL_MACHINE\SOFTWARE\Microsoft\Windows NT\CurrentVersion\IniFileMapping\control.ini


[Untuk Windows 64-bit]

HKEY_LOCAL_MACHINE\SOFTWARE\WOW6432Node\Microsoft\Windows NT\CurrentVersion\IniFileMapping\control.ini

 5. Klik kanan control.ini dan klik Izin

 6. Tambahkan akun pengguna Anda dan aktifkan izin Kontrol Penuh. Untuk membuat screen saver logoff berfungsi untuk semua akun, tambahkan setiap pengguna (atau tambahkan grup Pengguna) ke daftar, dan beri mereka izin Kontrol Penuh.

screensaver logoff winexit di windows 10

 7. Klik OK untuk menutup dialog dan keluar dari Registry Editor.

 8. Buka dialog Pengaturan Screen Saver di Panel Kontrol.

 9. Pilih Logoff Screen Saver dari daftar, dan klik Pengaturan

screensaver logoff winexit di windows 10

10. Dalam Dialog Penataan WinExit, atur nilai penghitung waktu mundur, Paksa logoff, dan pesan logoff kustom sesuai keinginan, lalu klik OK.

screensaver logoff winexit di windows 10

Pengaturan screen saver diterapkan dan akan dimulai setelah batas waktu idle dan menawarkan penghitung waktu mundur 30 detik dengan opsi untuk membatalkan proses logoff. Semua aplikasi yang terbuka dihentikan jika opsi Terminasi aplikasi paksa dipilih.

TERKAIT: Bagaimana Cara Otomatis Masuk ke Windows dan Auto-Lock Workstation Setelah Login?


Logoff file konfigurasi Screen Saver

Pengaturan disimpan dalam file control.ini di bawah folder VirtualStore di sini:

C:\Users\%username%\AppData\Local\VirtualStore\Windows\control.ini

Karena program dirancang untuk versi Windows sebelum Windows Vista, program langsung mencoba menulis ke C:\Windows\Control.ini tanpa memeriksa apakah proses memiliki hak admin, dan gagal membuat file. Dengan demikian, Virtualisasi UAC dimulai saat Anda menyimpan pengaturan screen saver logoff, dan pengaturan tersebut ditulis ke lokasi yang dialihkan di atas.

Anda juga dapat mengedit file di atas menggunakan Notepad dan mengkonfigurasi pengaturan screen saver logoff secara langsung atau menyebarkan file. Berikut contoh konfigurasi:

[Penghemat Layar.Logoff]

ForceLogoff=1

Penghitung Waktu Mundur = 25

DialogMessage=Sekarang Anda akan keluar dari Screensaver WinExit.


TERKAIT: Cara Shutdown Otomatis Setelah Menginstal Pembaruan di Windows 10


Terapkan pengaturan screensaver untuk semua pengguna di komputer


Memindahkan file control.ini atau membuatnya secara manual di direktori C:\Windows juga berfungsi. Menempatkan file di direktori Windows akan menerapkan pengaturan ke semua akun pengguna di komputer. Namun, jika Anda menggunakan dialog Pengaturan Screen Saver untuk mengonfigurasi screen saver, konfigurasi tersebut ditulis ke direktori VirtualStore, yaitu per pengguna.


Mengonfigurasi Pengaturan Screen Saver sebagai administrator tidak menyebabkan masalah virtualisasi. Untuk mengonfigurasi screen saver sebagai administrator, jalankan baris perintah berikut yang ditinggikan (sebagai administrator):

rundll32.exe shell32.dll,Control_RunDLL desk.cpl,screensaver,@screensaver


Ada banyak produk screen saver logoff pihak ketiga lainnya yang tersedia, tetapi Anda mungkin tidak membutuhkannya karena screen saver logoff WinExit.scr bekerja dengan sempurna di Windows 10.


Anda mungkin juga ingin memeriksa metode non-screen saver Lithnet Idle-Logoff, utilitas yang diaktifkan kebijakan grup untuk keluar dari sesi pengguna windows yang menganggur. Program ini dikembangkan oleh Ryan Newington, penerima penghargaan Microsoft's Most Valuable Professional dari Australia.

  ______________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________ ________

Previous Post Next Post