Pulihkan Kunci Registri dari Titik Pemulihan Sistem di Windows

Pulihkan Kunci Registri dari Titik Pemulihan Sistem di Windows

 Pulihkan Kunci Registri dari Titik Pemulihan Sistem di Windows

Notebooks.my.id - Snapshot Pemulihan Sistem atau salinan bayangan volume berisi kumpulan registri serta file sistem penting. Terkadang Anda mungkin perlu mengekstrak kunci registri individual dari titik pemulihan sebelumnya tetapi tidak ingin melakukan pengembalian Pemulihan Sistem yang lengkap.


Sebelumnya kita melihat cara membuka kumpulan registri dari salinan bayangan menggunakan tab "Versi Sebelumnya" dan memuat kumpulan registri untuk mengekstrak kunci yang diperlukan. Sekarang ada opsi yang lebih nyaman untuk mengekstrak kunci registri tertentu dari titik pemulihan.


Lihat salah satu utilitas terbaru dari Nirsoft.net, bernama RegistryChangesView. Meskipun tujuan utama dari program ini adalah untuk membandingkan snapshot dari Windows Registry, program ini juga dapat digunakan untuk mengekstrak data registri dari salinan bayangan atau titik pemulihan yang ada. Ini dapat digunakan untuk memulihkan kunci registri yang mungkin tidak sengaja terhapus.


Skenario: Katakanlah Anda tidak sengaja menghapus layanan Print Spooler, dan ingin memulihkan kunci registri layanan Print Spooler berikut dari titik pemulihan.

HKEY_LOCAL_MACHINE\SYSTEM\CurrentControlSet\Services\Spooler


Ekstrak Kunci Registri dari Titik Pemulihan Sistem


 1. Mulai RegistryChangesView dan konfigurasikan seperti yang ditunjukkan di bawah ini.

registrychangesview pilihan

 2. Setel "Sumber Data Registri 1" ke Registri Saat Ini

 3. Setel "Sumber Data Registri 2" ke Salinan Bayangan

 4. Pilih salah satu jalur salinan bayangan dari daftar yang ditampilkan.

Item bernomor tertinggi dalam daftar Shadow Copy Path mewakili salinan bayangan atau titik pemulihan terbaru. Anda dapat menemukan daftar salinan bayangan menggunakan baris perintah vssadmin list shadows dari jendela Command Prompt admin. Untuk informasi lebih lanjut, lihat artikel Cara Menghapus Titik Pemulihan Sistem Individual di Windows.

 5. Pilih kumpulan registri yang sesuai untuk disertakan sebagai perbandingan. Untuk artikel ini, kami akan memilih kotak centang berikut saja, karena itulah lokasi yang menyimpan kunci registri Layanan:

HKEY_LOCAL_MACHINE\SYSTEM

 6. Klik Oke. RegistryChangesView akan menghitung dan membandingkan kunci yang dipilih di kumpulan registri sumber dan tujuan dan menampilkan hasilnya.

 7. Dari menu View, aktifkan opsi bernama Use Quick Filter. [Ctrl + Q] registrychangesview menggunakan filter cepat

 8. Dalam kotak teks Filter Cepat, ketik \spooler atau services\spooler untuk memfilter entri yang kuncinya dimulai dengan kata "spooler". Idenya adalah untuk membatasi hasil pada kunci dan subkunci berikut saja.

HKEY_LOCAL_MACHINE\SYSTEM\CurrentControlSet\Services\Spooler

registrychangeslihat jendela hasil

 9. Pilih semua entri (yang berisi cabang di atas), dan tekan Ctrl + E untuk mengekspor hasilnya ke file REG. Atau, klik File > Ekspor Item yang Dipilih ke file .Reg

10. Simpan file REG ke Desktop, dan buka dengan Notepad.

registrychangesview ekspor .reg

11. Ganti setiap kemunculan string ControlSet001 dengan CurrentControlSet, dan simpan file tersebut.

registrychangesview .reg ekspor

12. Klik dua kali file REG untuk menambahkan isinya (kunci "Spooler") ke registri.


Anda sekarang telah memulihkan kunci registri layanan Print Spooler yang hilang!


Kesalahan kecil


Satu masalah kecil yang saya perhatikan adalah bahwa versi RegistryChangesView saat ini, ketika mengekspor entri ke file REG, menulis nilai string yang dapat diperluas sebagai tipe nilai REG_SZ. Misalnya, nilai registri ImagePath berisi variabel lingkungan, dan jenis nilai harus REG_EXPAND_SZ, bukan REG_SZ.


registrychangesview string yang dapat diperluas


Anda harus mengedit registri untuk memperbaiki kekurangan tersebut secara manual. Catat nama nilai dan data nilai di Notepad, hapus nama nilai dari registri dan buat nilai dengan nama dan data nilai yang sama, tetapi bertipe REG_EXPAND_SZ.


registrychangesview nilai string yang dapat diperluas


Itu saja! Seperti biasa, ada cara lain untuk memulihkan data registri. Anda juga dapat memasang volume salinan bayangan menggunakan utilitas ShadowCopyView atau ShadowExplorer, dan memuat/mengekstrak kumpulan registri. Lihat artikel ShadowCopyView Memulihkan File Dari Volume Shadow Copy Snapshots dan Restore Versi Sebelumnya dari Kumpulan Registry Dari System Restore Snapshots di Windows untuk detail lebih lanjut.


Metode RegistryChangesView yang dibahas dalam posting ini harus bekerja pada semua versi Windows, hingga Windows 10. Baik sistem 32-bit dan 64-bit didukung.

  ______________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________ ________

Previous Post Next Post