Lihat Penggunaan Sumber Daya oleh Layanan Individual di Windows 10

Lihat Penggunaan Sumber Daya oleh Layanan Individual di Windows 10

 Lihat Penggunaan Sumber Daya oleh Layanan Individual di Windows 10

Notebooks.my.id - Dengan Pembaruan Windows 10 Creators (dengan nama kode "Redstone 2") Pratinjau Build 14942, cara layanan di-host telah berubah. Di sistem Windows 10 v1703 dengan lebih dari 3,5 GB RAM, setiap layanan akan mendapatkan host layanannya sendiri (svchost.exe), alih-alih berjalan di bawah proses layanan bersama. Ini memungkinkan Anda melihat penggunaan sumber daya oleh setiap layanan individual. Sumber daya di sini berarti penggunaan jaringan, memori, disk, dan CPU.


Mulai dari Windows 2000 hingga Windows 10 v1607, setiap proses svchost.exe digunakan untuk meng-host serangkaian layanan — model yang awalnya dirancang untuk mengurangi penggunaan sumber daya oleh layanan. Dalam model proses layanan bersama, untuk menemukan layanan mana yang berjalan di bawah setiap proses svchost.exe, buka Pengelola Tugas dan klik tanda centang di dekat "Host Layanan:" untuk memperluas pilihan. Anda dapat melihat daftar layanan yang di-host oleh proses tersebut.


svchost memisahkan windows 10


Atau, gunakan perintah Tasklist.exe. Buka jendela Command Prompt dan ketik:

daftar tugas /svc


svchost memisahkan windows 10


Ini menunjukkan daftar layanan yang berjalan di bawah setiap instance svchost.exe.


Host Layanan Terpisah (svchost.exe) untuk setiap Layanan


Model di atas telah berubah di Redstone 2, karena para ahli di Microsoft menentukan bahwa keuntungan penghematan memori tidak terlalu besar — ??mengingat bahwa sistem dilengkapi dengan RAM yang lebih dari cukup akhir-akhir ini.


Ada pengecualian. Layanan sistem yang dianggap kritis — layanan yang pemulihannya memerlukan sistem dimulai ulang, dan layanan tertentu lainnya akan tetap dikelompokkan. Dari apa yang saya lihat di Build Pratinjau Pembaruan Pembuat Konten, layanan yang tetap dalam grup disebutkan di bawah ini:

  * Set 1: Infrastruktur Broker, DcomLaunch, Power, SystemEventsBroker

  * Set 2: BFE, CoreMessagingRegistrar, MpsSvc

  * Set 3: OneSyncSvc_5235d, PimIndexMaintenanceSvc_5235d, UnistoreSvc_5235d, UserDataSvc_5235d

  * Set 4: BITS, UsoSvc, wuauserv


Layanan lainnya tidak dikelompokkan — dijalankan dalam proses terpisah.


svchost memisahkan windows 10


Pembaruan Windows 10 Creators mungkin dirilis di suatu tempat sekitar Maret 2017. Jika Anda adalah Windows 10 Insider yang menjalankan Build 14942 atau lebih tinggi, di komputer dengan RAM lebih dari 3,5 GB, Anda mungkin telah memperhatikan contoh tambahan svchost.exe tersebut. Mungkin ada sekitar 70+ proses svchost.exe yang berjalan. Sedangkan di Windows 10 v1607, jumlah instance svchost.exe berada di 20-an, tergantung pada berapa banyak layanan yang diinstal dan berjalan di sistem.


Keuntungan Menjalankan Layanan Tidak Dikelompokkan


Sesuai Microsoft, layanan ungrouping memberikan empat keuntungan ini:


1. Tingkatkan keandalan: Jika layanan gagal, hanya instance svchost.exe yang dihapus. Sebelumnya, jika satu layanan gagal, penghentian svchost.exe menyebabkan layanan lain berhenti.


2. Tingkatkan Transparansi: Sekarang Anda dapat melacak sumber daya sistem (Memori, CPU, Disk, dan penggunaan Jaringan) yang digunakan oleh setiap layanan, dari tab Proses Pengelola Tugas, atau di tab Detail dengan kolom baris perintah diaktifkan. Kolom baris perintah di tab Proses atau Detail akan menampilkan nama pendek layanan.

svchost memisahkan windows 10

svchost.exe -k <nama svchost> -s <nama layanan>


Sebagai contoh:

svchost.exe -k netsvcs -s winmgmt


di mana "winmgmt" adalah nama pendek untuk layanan "Instrumentasi Manajemen Windows".


Sebelumnya, untuk memecahkan masalah kegagalan layanan dan crash atau lonjakan penggunaan CPU yang disebabkan oleh svchost.exe, Anda perlu menggunakan metode lanjutan. Beberapa metode termasuk isolasi layanan (menggunakan baris perintah sc.exe) untuk mengonfigurasi layanan agar berjalan dalam proses host terpisah, atau membuat grup layanan terpisah, dan menggunakan alat pemecahan masalah tingkat lanjut untuk mengidentifikasi dan mendiagnosis layanan individual yang menyebabkan masalah. Lihat pemecahan masalah Svchost.exe.


Di sistem Windows 10 Redstone 2 dengan 3,5+ GB RAM, karena layanan sudah berjalan di bawah proses svchost.exe terpisah, Anda dapat mengetahui layanan tertentu mana yang menyebabkan masalah, dan mengambil tindakan yang sesuai. Masalah termasuk penggunaan CPU 100%, atau penggunaan memori yang tinggi dan crash berulang.


3. Mengurangi biaya servis: Peningkatan transparansi proses layanan akan membuat pemecahan masalah menjadi lebih mudah. Teknisi dukungan teknis dapat mempersempit masalah ke layanan individu dan memperbaikinya dengan cepat, yang berarti pengurangan biaya servis.


4. Tingkatkan keamanan: Isolasi proses dan set izin individu untuk layanan akan meningkatkan keamanan.


Kesimpulan: Jadi, setelah Anda menginstal Windows 10 Creators Update (datang pada tahun 2017), jangan panik jika Anda melihat 70+ instance svchost.exe di Task Manager.

  ______________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________ ________

أحدث أقدم