[Fix] Tidak Dapat Menambahkan Program untuk Dibuka dengan Daftar di Windows

[Fix] Tidak Dapat Menambahkan Program untuk Dibuka dengan Daftar di Windows

 [Fix] Tidak Dapat Menambahkan Program untuk Dibuka dengan Daftar di Windows

Notebooks.my.id - Saat Anda mengklik kanan pada file, pilih "Buka dengan", klik "pilih aplikasi lain" dan pilih program menggunakan dialog Telusuri, program mungkin gagal muncul di dialog "Buka Dengan".


Ini mungkin tampak seolah-olah tidak ada yang terjadi setelah Anda memilih program dalam dialog jelajah — yaitu, dialog Buka dengan mengabaikan pilihan Anda. Ini adalah bug yang ada sejak era Windows XP (setidaknya) dan tetap ada di Windows 10 juga. Artikel ini menunjukkan cara memperbaiki Buka dengan masalah.


Menyebabkan


Meskipun memilih file .exe program yang benar, program sekarang dapat muncul di menu Buka dengan karena alasan berikut:

 1. Menjalankan beberapa versi program. Misalnya Notepad++ (instalasi standar) dan Notepad++ Portable.

 2. Program telah ditingkatkan baru-baru ini dan diinstal di folder baru dengan informasi versi di nama folder. (misalnya, Avidemux 2.7)

 3. Anda menggunakan aplikasi versi 32-bit dan 64-bit. Dalam banyak kasus, nama program yang dapat dieksekusi adalah sama, tetapi aplikasi 64-bit disimpan di folder Program Files yang berbeda, dan yang 32-bit disimpan di folder yang berbeda. Karena Windows menggunakan jalur yang sudah terdaftar di kunci registri aplikasi, Anda mungkin tidak dapat menambahkan versi lain ke dialog Buka dengan.

Pertama, pastikan versi mana (32-bit vs 64-bit) yang akan Anda gunakan. Kemudian ikuti salah satu metode di bawah ini untuk mendaftarkan versi yang diperlukan (32-bit vs 64-bit) ke registri. Masalahnya tidak akan muncul di tempat pertama jika nama file yang dapat dieksekusi berbeda, katakanlah program.exe untuk 32-bit dan program_x64.exe untuk versi 64-bit.

Seorang pengguna menjalankan Adobe Reader 8 dari folder "Windows.old". Setelah beberapa waktu, ia memutuskan untuk memindahkannya ke "Program Files". Ini menyebabkan program tidak muncul di daftar "Buka dengan", tidak membiarkannya menambahkan program ke daftar. Ketika dia mencoba menambahkannya, itu hanya kembali ke jendela "Buka Dengan" atau tidak ada yang terjadi.

 4. Memindahkan program ke folder yang berbeda. Misalnya, Anda mungkin telah menjalankan program dari jalur folder sementara untuk pertama kalinya. Masalah mungkin terjadi saat Anda memindahkan program ke folder lain.

 5. Mengubah huruf drive.


Dalam semua kasus di atas, jalur file program yang dapat dieksekusi mungkin telah ditulis ke registri. Ketika lokasi folder program atau huruf drive diubah, Windows tidak secara dinamis memperbarui data pendaftaran aplikasi di registri. Dan, ketika Anda secara manual memilih executable yang benar di Open with, pilihan Anda diabaikan begitu saja, karena entri dengan nama program (.exe) yang sama sudah ada di registri.


[Solusi] Tidak Dapat Menambahkan Program untuk Dibuka dengan Daftar di Windows


Jika Anda tidak dapat menambahkan program ke dialog Buka dengan secara normal, gunakan salah satu metode berikut untuk memperbaiki masalah:


Catatan: Untuk tujuan ilustrasi, anggap saja Anda tidak dapat menambahkan Notepad++ ke menu Buka dengan di Windows.


Metode 1: Perbaiki jalur file .exe program di registri


 1. Jalankan Registry Editor (regedit.exe).

 2. Buka kunci berikut:

HKEY_CLASSES_ROOT\Applications\notepad++.exe\shell\open\command

 3. Periksa dan perbaiki jalur file .exe yang disebutkan dalam nilai (default).

tidak dapat menambahkan program untuk dibuka dengan menu di windows

 4. Keluar dari Editor Registri.


Metode 2: Hapus pendaftaran program lalu gunakan "Buka dengan" lagi


Pilihan lain adalah menghapus pendaftaran jalur aplikasi di registri Windows. Dan kemudian gunakan "Buka dengan" lagi agar aplikasi terdaftar ulang secara otomatis. Ikuti langkah ini:

 1. Buka kunci registri berikut:

HKEY_CLASSES_ROOT\Applications\notepad++.exe

2. Klik kanan notepad++.exe dan pilih Hapus

tidak dapat menambahkan program untuk dibuka dengan menu di windows

 3. Klik Ya saat dimintai konfirmasi.

 4. Keluar dari Editor Registri.

 5. Sekarang, gunakan dialog Buka dengan untuk menambahkan program secara manual. Anda harus dapat menambahkannya kali ini.


Metode 3: Gunakan utilitas "OpenWithAdd" untuk menambahkan program ke Open with


OpenWithAdd adalah alat sederhana yang saya tulis untuk Windows XP/Vista dan masih berfungsi dengan baik di Windows 10. Untuk menambahkan program ke daftar Buka dengan, yang perlu Anda lakukan hanyalah menggunakan opsi jelajah di alat dan pilih program. Setelah memilih nama file .exe program, klik Daftar.


tidak dapat menambahkan program untuk dibuka dengan menu di windows [OpenWithAdd utility]


tip ikon bohlam Tip: Anda juga dapat menetapkan nama yang ramah (opsional) untuk aplikasi. Nama aplikasi yang ramah akan muncul di dialog Buka dengan (dan menu.)


Ini dia!


tidak dapat menambahkan program untuk dibuka dengan menu di windows


Catatan: Jika Anda menghadapi masalah saat menambahkan aplikasi Office 365 ke Buka, cukup perbaiki Office 365. Untuk melakukannya, buka “Program dan Fitur”, klik kanan “Office 365”, klik Ubah, dan pilih “Perbaikan Cepat ”. Ini harus memperbarui jalur yang diperlukan untuk semua aplikasi Office 365 di registri secara otomatis.


Artikel terkait: Cara Menghapus Item menu "Buka dengan" yang Tidak Diinginkan di Windows

  ______________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________ ________

Previous Post Next Post