[Fix] Masalah Penghapusan Otomatis Cache Thumbnail di Windows 10

[Fix] Masalah Penghapusan Otomatis Cache Thumbnail di Windows 10

 [Fix] Masalah Penghapusan Otomatis Cache Thumbnail di Windows 10

Notebooks.my.id - Saat Anda menelusuri folder yang berisi file media, Windows membuat gambar mini dari file gambar dan video Anda jika tampilan folder diatur ke tampilan thumbnail (ikon sedang, besar atau ekstra besar.) Gambar mini yang dihasilkan di-cache dan ditulis ke database sehingga sistem tidak perlu membuat ulang gambar mini mini setiap kali Anda membuka folder.


Cache thumbnail (serta cache ikon) disimpan di folder berikut:

%userprofile%\AppData\Local\Microsoft\Windows\Explorer


folder cache gambar mini


Namun, ada kesalahan kecil yang menyebabkan thumbnail Anda terhapus saat restart atau ketika sistem dibiarkan menganggur selama beberapa waktu. Jadi, ketika Anda menelusuri folder yang berisi file gambar atau video, sistem harus membuat ulang thumbnail, yang dapat menjadi pekerjaan berat bagi prosesor Anda, terutama jika Anda memiliki ratusan file media.


Mengapa Windows menghapus cache thumbnail?


Windows memiliki fitur yang disebut Pemeliharaan Otomatis. Pemeliharaan Otomatis berisi serangkaian tugas terjadwal yang dijalankan setiap hari, saat Anda tidak menggunakan komputer. Pemeliharaan Otomatis menangani pembaruan aplikasi Windows Store dan perangkat lunak lainnya, menjalankan pemindaian Windows Defender, diagnostik sistem, Pembersihan Disk, dll.


Untuk mencegah cache thumbnail Anda dihapus secara berkala oleh jadwal pemeliharaan otomatis, gunakan salah satu opsi berikut:


Perbaiki 1: Nonaktifkan Pembersihan Otomatis "Thumbnail Cache" Menggunakan Registry


Tugas terjadwal bernama SilentCleanup adalah bagian dari fitur pemeliharaan otomatis di mana alat Pembersihan Disk diluncurkan, yang melakukan operasi pembersihan di drive sistem. Ini menghapus file-file sementara, driver usang, cache thumbnail, file internet sementara dan banyak lagi.


Saat tugas SilentCleanup berjalan, baris perintah berikut dijalankan:

cleanmgr.exe /autoclean /d %systemdrive%


Ketika sakelar /autoclean digunakan, Disk Cleanup mencari nilai registri bernama Autorun di bawah setiap subkunci cabang registri VolumeCaches. Cabang VolumeCaches berisi daftar opsi pembersihan yang muncul saat Disk Cleanup dijalankan secara interaktif.


Jika Autorun diatur ke 1, opsi pembersihan yang sesuai akan dilakukan. Menyetelnya ke 0 memperbaiki masalah. Ikuti langkah ini:

  *

  + Jalankan Registry Editor (regedit.exe) dan pergi ke:


HKEY_LOCAL_MACHINE\SOFTWARE\Microsoft\Windows\CurrentVersion\Explorer\VolumeCaches\Thumbnail Cache

  *

  + Di panel kanan, klik dua kali Autorun dan atur datanya ke 0


pembersihan disk thumbnail cache autorun menonaktifkan


Dengan mengatur Autorun ke 0 di jalur registri yang disebutkan, Disk Cleanup (saat dijalankan dengan /autoclean switch) akan menahan diri dari membersihkan database cache thumbnail.

  * Keluar dari Editor Registri.

Pengaturan registri ini tidak mencegah Anda membersihkan cache thumbnail dengan meluncurkan Disk Cleanup secara manual. Anda juga dapat mengonfigurasi Pembersihan Disk untuk menghapus cache thumbnail dan menjalankannya hanya saat diperlukan, daripada pemeliharaan otomatis yang melakukannya untuk Anda.


Perbaiki 2: Nonaktifkan Tugas Terjadwal SilentCleanup


Jika Anda ingin mencegah Disk Cleanup berjalan sebagai bagian dari jadwal pemeliharaan otomatis, buka Penjadwal Tugas taskchd.msc. perluas Perpustakaan Penjadwal Tugas dan kemudian pergi ke cabang berikut:

\Microsoft\Windows\DiskCleanup


Di panel kanan, klik kanan tugas SilentCleanup, dan pilih Nonaktifkan.


pemeliharaan otomatis penjadwal tugas silentcleanup


Tutup jendela Penjadwal Tugas.


Secara pribadi, saya tidak suka metode ini karena saya ingin Disk Cleanup dijalankan sebagai bagian dari jadwal, tetapi tidak ingin menghapus cache thumbnail. Metode 1 adalah opsi yang disarankan.


Beberapa pengguna menonaktifkan fitur perawatan otomatis sama sekali untuk menghindari masalah ini, yang sama sekali tidak disarankan pada komputer produksi. Tetapi tidak apa-apa jika Anda mengevaluasi Windows di bawah mesin virtual dan ingin menghemat sumber daya dengan menonaktifkan tugas pemeliharaan.


Periksa Pengaturan Aplikasi pihak ketiga Anda


Jika Anda menggunakan alat pembersih cache pihak ketiga seperti CCleaner, konfigurasikan sedemikian rupa sehingga cache thumbnail tidak dihapus secara berkala secara otomatis.


opsi cache thumbnail ccleaner


Semoga panduan ini membantu Anda mencegah Windows menghapus cache thumbnail secara otomatis.

  ______________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________ ________

Previous Post Next Post