Cara Menyalin Teks Keluaran Command Prompt ke Clipboard atau File

Cara Menyalin Teks Keluaran Command Prompt ke Clipboard atau File

 Cara Menyalin Teks Keluaran Command Prompt ke Clipboard atau File

Notebooks.my.id - Alat baris perintah Windows sangat bagus untuk pemecahan masalah, serta otomatisasi. Tetapi, jika Anda bingung ketika seorang pria dukungan teknis di telepon meminta Anda untuk menjalankan perintah konsol bawaan dan menyalin output yang ditampilkan untuk mendiagnosis masalah, dasar-dasar Command Prompt ini akan berguna.


Posting ini menjelaskan cara menyalin atau mengarahkan output Command Prompt ke file atau clipboard.


Daftar isi

  * Buka jendela Prompt Perintah

  * Salin output Command Prompt ke Clipboard

  + Menggunakan pintasan keyboard

  + Menggunakan menu Edit

  + Piping output ke Clip (alat Clip.exe)

  * Arahkan ulang keluaran baris perintah ke file

  + Mengarahkan output ke file baru

  + Mengarahkan output ke file (tambahkan konten)

  * Ambil Tangkapan Layar


Salin Teks Keluaran Command Prompt ke Clipboard atau File


Membuka jendela Command Prompt


Untuk membuka jendela Command Prompt, tekan WinKey + R untuk meluncurkan dialog Run. Ketik cmd.exe dan tekan Ok. Di Windows 8.1 dan Windows 10, Anda dapat mengeklik kanan Mulai dan mengeklik Prompt Perintah. Ada beberapa cara lain untuk membuka Command Prompt.


Jendela Prompt Perintah


Jika alat konsol yang Anda jalankan atau operasi yang Anda lakukan memerlukan hak administratif, Anda perlu membuka Command Prompt sebagai administrator (juga dikenal sebagai Command Prompt "ditinggikan".)


Di jendela Command Prompt, ketik perintah yang ingin Anda jalankan. Misalnya, seseorang yang membantu Anda ingin mengetahui informasi sistem Anda dengan menjalankan perintah SystemInfo, ketik systeminfo dan tekan ENTER.


salin output prompt perintah


Menyalin output ke clipboard


Untuk menyalin output prompt perintah ke clipboard, gunakan salah satu metode.


Menggunakan Keyboard: Tekan Ctrl + A untuk memilih semua teks, dan tekan ENTER untuk menyalinnya ke clipboard.


Menggunakan menu Edit: Klik kanan bilah judul Command Prompt ? Sunting? Pilih Semua. Ulangi hal yang sama, dan kali ini, pilih Salin dari menu Edit.

salin output prompt perintah


Menggunakan alat konsol Clip.exe: Alat konsol Clip.exe sudah ada di dalam Windows, dimulai dengan Windows Vista dan hingga Windows 10. Alat ini menyalin data yang dialihkan atau diteruskan ke sana, ke clipboard. Anda dapat mengarahkan output alat konsol atau perintah Anda ke clipboard menggunakan alat Clip.exe bawaan dengan menyalurkan output. Perintah yang Anda jalankan adalah:

info sistem | klip


Itu akan menyalin output dari perintah systeminfo ke Clipboard Windows. Ini dilakukan oleh Clip.exe yang menerima output baris perintah secara langsung.


Setelah output dikirim ke clipboard, Anda dapat menempelkannya ke editor teks. Misalnya, Anda dapat membuka Notepad dan menempel (Ctrl + V) konten di sana.


salin output prompt perintah


Mengarahkan output ke file baru


Anda dapat mengarahkan output baris perintah ke file alih-alih Clipboard. Metode ini dapat berguna jika output terlalu panjang, berisi beberapa ratus baris yang dapat dengan mudah melebihi ukuran buffer layar jendela Command Prompt. Untuk menampilkan hasil ke file, gunakan sintaks/contoh ini:

systeminfo >%temp%\systeminfo.txt


Itu akan membuat file bernama systeminfo.txt di folder Temp pengguna. Untuk menulis output ke file di desktop Anda, Anda akan menggunakan:

systeminfo >%userprofile%\desktop\systeminfo.txt


Mengarahkan output ke file dengan menambahkan


Perintah sebelumnya akan membuat file baru atau menghapus file sebelumnya (jika ada dengan nama yang sama). Jika Anda ingin menambahkan output baris perintah ke file, gunakan simbol lebih besar dari dua kali >>, seperti di bawah ini:

ipconfig >>%userprofile%\desktop\systeminfo.txt

systeminfo >>%userprofile%\desktop\systeminfo.txt


Itu akan menampilkan isi perintah Ipconfig dan Systeminfo ke file yang sama. Jika ada file dengan nama yang sama systeminfo.txt, itu akan digunakan. Jika tidak, file baru akan dibuat.


Contoh lain

ipconfig >%userprofile%\desktop\info.txt

sc query wuauserv >>%userprofile%\desktop\info.txt

dir d:\tools\*.exe >>%userprofile%\desktop\info.txt

dir C:\Windows\System32\Tasks /s /b >>%userprofile%\desktop\info.txt


Jendela Prompt Perintah


Perintah pertama akan membuat file baru (sebagai simbol > tunggal yang digunakan) bernama info.txt. Perintah selanjutnya akan menampilkan hasilnya ke file info.txt yang ada (simbol >> ganda).


Ambil Tangkapan Layar


Dalam beberapa kasus, Anda mungkin tidak memerlukan keluaran teks, dan tangkapan layar sudah cukup. Win + PrntScrn keystroke digunakan untuk mengambil tangkapan layar dengan cepat di Windows 8 dan 10. Atau gunakan Alat Snipping bawaan yang luar biasa. Lihat Cara Mengambil Tangkapan Layar di Windows untuk panduan mendetail.


Saya harap panduan ini membantu Anda mempelajari cara menyalin atau mengarahkan output Command Prompt ke file atau clipboard.

  ______________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________ ________

أحدث أقدم