Cara Menjalankan Program sebagai Administrator (Elevated) tanpa UAC Prompt

Cara Menjalankan Program sebagai Administrator (Elevated) tanpa UAC Prompt

 Cara Menjalankan Program sebagai Administrator (Elevated) tanpa UAC Prompt

Notebooks.my.id - Baru-baru ini, saya menemukan tip brilian tentang cara menjalankan program yang ditingkatkan tanpa mendapatkan perintah Kontrol Akun Pengguna (UAC). Ini dapat dilakukan tanpa mematikan UAC dan karenanya tidak membahayakan keamanan sistem.


Cara Menjalankan Program yang ditinggikan tanpa UAC Prompt


Anda dapat menjalankan aplikasi yang ditinggikan (sebagai administrator) tanpa mendapatkan perintah elevasi UAC saat masuk ke akun administrator. Trik untuk melewati UAC adalah dengan membuat tugas terjadwal (dengan hak istimewa tertinggi) untuk setiap program yang ingin Anda jalankan, lalu memanggil item tugas terjadwal secara manual menggunakan schtasks.exe. Petunjuk berikut berlaku untuk semua versi Windows, termasuk Windows 10.


Langkah 1: Membuat Tugas Terjadwal


 1. Luncurkan Penjadwal Tugas (taskschd.msc)

 2. Klik kanan kategori Perpustakaan Penjadwal Tugas di sebelah kiri, dan pilih Folder Baru

 3. Beri nama folder tersebut sebagai MyApps

[svg%3E]

 4. Pilih folder MyApps

 5. Di panel Tindakan di sebelah kanan, klik Buat Tugas…

[svg%3E]

 6. Ketikkan nama untuk tugas yang ingin Anda buat.

[svg%3E]

 7. Aktifkan opsi Jalankan dengan hak istimewa tertinggi. Ini adalah langkah yang paling penting.

 8. Di tab Tindakan, klik Baru

 9. Klik Browse… untuk memilih program (Contoh: Regedit.exe) yang ingin Anda jalankan dan sebutkan parameter yang diperlukan jika ada, untuk aplikasi tersebut. Misalnya, untuk menjalankan file .reg, pilih regedit.exe dan sebutkan parameternya sebagai /s filename.reg dengan path lengkap. Untuk menjalankan applet MMC Layanan, telusuri dan pilih MMC.EXE dan ketik services.msc di Tambahkan argumen (opsional) bidang.

Beberapa program yang sering saya gunakan adalah:


Baris perintah aplikasi yang digunakan

Layanan MMC mmc.exe services.msc

Pengelola Perangkat mmc.exe devmgmt.msc

Editor Registri c:\windows\regedit.exe

Prompt Perintah Admin c:\windows\system32\cmd.exe


TERKAIT: [Perbaiki] UAC meminta kata sandi meskipun masuk sebagai administrator


Langkah 2: Meluncurkan item Tugas Terjadwal secara manual


Untuk menjalankan item tugas terjadwal secara manual, gunakan alat baris perintah schtasks.exe yang disertakan dengan Windows. Misalnya, untuk meluncurkan tugas konsol Layanan yang sudah Anda buat, gunakan perintah berikut:

SCHTASKS.EXE /RUN /TN \MyApps\SERVICESMMC


Catatan: Dimana SERVICESMMC adalah Taskname (lihat Gambar 1). Anda harus menyertakan nama tugas dalam tanda kutip ganda jika nama tugas berisi spasi kosong di antaranya. (Contoh: SCHTASKS.EXE /RUN /TN "Nama Tugas")

Untuk meluncurkan tugas Editor Registri, jalankan perintah berikut:

SCHTASKS.EXE /RUN /TN \MyApps\REGEDIT


(Jika nama folder \MyApps\ tidak disebutkan, Anda akan melihat pesan kesalahan ERROR: Sistem tidak dapat menemukan file yang ditentukan saat mencoba menjalankan tugas.)


Jika Anda telah membuat Tugas di perpustakaan Penjadwal Tugas (tanpa membuat folder terpisah di Penjadwal Tugas), Anda cukup menyebutkan nama tugas seperti di bawah ini:

SCHTASKS.EXE /RUN /TN nama_tugas


Membuat pintasan desktop untuk menjalankan setiap Tugas


Anda dapat membuat pintasan desktop untuk setiap item tugas terjadwal yang telah Anda buat sebelumnya. Klik kanan pada Desktop dan pilih New, Shortcut. Ketik baris perintah (mis., SCHTASKS.EXE /RUN /TN \MyApps\REGEDIT). Sebutkan nama untuk pintasan dan klik Selesai.


Jalankan tugas diminimalkan


Karena Schtasks.exe adalah utilitas konsol, Anda akan melihat jendela Command Prompt membuka dan menutup dengan cepat setiap kali Anda menjalankan pintasan. Jadi, Anda dapat mengonfigurasi pintasan untuk dijalankan dalam keadaan jendela yang diperkecil, di properti pintasan.

  * Klik kanan pada shortcut dan klik Properties.

  * Di opsi tarik-turun Jalankan, pilih Diminimalkan

  * Klik Oke.


Catatan: Di properti pintasan, Anda mungkin ingin mengklik Ubah Ikon dan tetapkan ikon yang sesuai untuk pintasan. Ikon harus ada di dalam yang dapat dieksekusi itu sendiri, dalam banyak kasus. Untuk Regedit.exe, ramban ke Regedit.exe dan pilih ikon. Anda juga dapat menelusuri file shell32.dll dan imageres.dll untuk ikon tambahan.


Berikut adalah pintasan yang saya buat untuk meluncurkan program yang sering digunakan di sistem saya, dan saya telah memindahkannya ke Bilah Alat Taskbar untuk akses mudah. Perhatikan bahwa Anda juga dapat menyematkan pintasan ke menu Mulai jika diinginkan.


[svg%3E]


Dengan cara ini Anda dapat meluncurkan program yang sering digunakan tanpa mendapatkan perintah Kontrol Akun Pengguna dan tanpa melonggarkan pengaturan keamanan komputer Anda. Perhatikan bahwa metode bypass UAC di atas hanya berfungsi jika Anda masuk sebagai administrator dan tidak ada pertanyaan tentang masalah eskalasi hak istimewa di sini.

  ______________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________ ________

أحدث أقدم