Cara Mengatur Koneksi Ethernet (LAN) sebagai Terukur di Windows 10

Cara Mengatur Koneksi Ethernet (LAN) sebagai Terukur di Windows 10

 Cara Mengatur Koneksi Ethernet (LAN) sebagai Terukur di Windows 10

Notebooks.my.id - Windows 10 memungkinkan Anda untuk mengatur koneksi Wifi sebagai koneksi "Terukur", tetapi tidak ada opsi GUI seperti itu untuk jaringan Ethernet (LAN). Di Windows 8 dan Windows 10 v1607 dan sebelumnya, Anda perlu menerapkan pengeditan registri untuk mengatur koneksi Ethernet atau LAN sebagai terukur. Untungnya, dengan Pembaruan Pembuat Windows 10, ini adalah opsi bawaan yang dapat dikonfigurasi menggunakan UI Pengaturan — tidak diperlukan pengeditan registri.


Koneksi jaringan Wi-Fi diatur sebagai non-meteran secara default. Namun Anda dapat mengubah set ke meteran untuk membatasi penggunaan data oleh pengguna serta Sistem Operasi, jika ISP Anda membebankan Anda dengan jumlah lalu lintas data yang Anda gunakan.


Jaringan broadband seluler, di sisi lain, diatur ke meteran secara default. Ada penyedia layanan broadband seluler yang memungkinkan paket data tak terbatas dengan kecepatan penuh dengan biaya tetap bulanan. Dalam kasus seperti itu, Anda mungkin ingin mengubah pengaturan ke non-meteran.


Datang ke jaringan Ethernet, karena seseorang menggunakan koneksi Ethernet, bukan berarti tidak ada batasan penggunaan data. Ethernet hanyalah media yang Anda gunakan untuk mengakses atau berbagi koneksi internet yang juga dapat dibatasi.


Saya memiliki dua pengaturan yang berbeda. Satu menggunakan modem broadband seluler yang dihubungkan ke soket listrik menggunakan adaptor perjalanan. Koneksi dibagi melalui Wi-Fi. Pengaturan lain menggunakan jaringan serat yang titik akhirnya terhubung ke router TP-Link saya. Koneksi dibagi melalui Ethernet (dengan tiga komputer) serta melalui Wi-Fi sehingga tablet dan ponsel saya dapat terhubung saat di rumah. Dalam kedua kasus tersebut, penyedia saya menagih saya dengan penggunaan data berdasarkan paket yang saya pilih.


Cara Mengatur koneksi Ethernet (LAN) sebagai meteran di Windows 10


Jika Anda mengakses internet melalui Ethernet yang koneksi sumbernya dibatasi, Anda masih dapat mengaturnya sebagai koneksi terukur untuk mengurangi penggunaan data oleh Sistem Operasi dan Aplikasi.


Untuk Windows 10 v1703 dan lebih tinggi


Pembaruan Windows 10 Creators dan versi yang lebih tinggi memiliki opsi untuk mengatur koneksi ethernet sebagai terukur, tanpa perlu mengedit registri. Pengaturan dimasukkan ke dalam Pengaturan UI. Untuk mengakses pengaturan, gunakan langkah-langkah ini:

 1. Klik Mulai, Pengaturan (atau tekan Winkey + i)

 2. Klik Jaringan & Internet

 3. Klik Ethernet, dan klik koneksi jaringan yang terdaftar.

 4. Klik untuk mengaktifkan opsi “Set as metered connection”

Atur Koneksi Ethernet atau LAN sebagai Terukur Atur Ethernet sebagai terukur di Windows 10 1703

Untuk Windows 10 v1607 (Pembaruan Ulang Tahun) dan sebelumnya


Berikut adalah cara mengatur koneksi Ethernet sebagai Terukur, menggunakan registri di Windows 10. Petunjuknya juga berlaku untuk Windows 8.

 1. Jalankan Registry Editor (Regedit.exe) dan buka kunci berikut:

HKEY_LOCAL_MACHINE\SOFTWARE\Microsoft\Windows NT\CurrentVersion\NetworkList\DefaultMediaCost

Kunci ini dimiliki oleh TrustedInstaller secara default. Anda harus mengambil kepemilikan kunci dan menetapkan izin kontrol penuh untuk grup "Administrator".

 2. Klik dua kali Ethernet dan atur data nilainya menjadi 2. (Data nilai 1 berarti tidak terukur dan 2 terukur.)

koneksi ethernet terukur

 3. Setelah selesai, kembalikan kepemilikan ke TrustedInstaller (“NT Service\TrustedInstaller“) untuk cabang itu.

 4. Keluar dari Editor Registri.


Apa yang terjadi ketika menggunakan koneksi internet terukur?


Saat menggunakan koneksi terukur, Microsoft Outlook akan menampilkan pemberitahuan "Outlook bekerja offline untuk mencegah biaya data.." dan menawarkan opsi "Tetap Terhubung".

koneksi ethernet terukur

Sedangkan aplikasi lain dapat mengurangi penggunaan datanya tetapi tidak serta merta menampilkan pemberitahuan kepada Anda.


Saat Anda mengatur koneksi sebagai terukur, Pembaruan Windows tidak akan mengunduh pembaruan secara otomatis, kecuali mungkin pembaruan prioritas. Anda harus mengklik tombol "Unduh" secara manual untuk menginstal pembaruan. Ubin layar mulai mungkin berhenti memperbarui. Sinkronisasi otomatis file offline mungkin tidak berfungsi. Selain itu, Windows Store tidak akan memperbarui aplikasi secara otomatis.


Dan, di Windows 10, fitur Spotlight mungkin berhenti bekerja saat menggunakan koneksi terukur — fitur ini mungkin tidak mengambil gambar baru untuk Lock Screen Anda. Microsoft tidak mendokumentasikan yang satu ini secara resmi.


Kredit gambar: Martinelle, pixabay.com

  ______________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________ ________

أحدث أقدم