Cara Mencegah Menginstal Ekstensi di Microsoft Edge

Cara Mencegah Menginstal Ekstensi di Microsoft Edge

 Cara Mencegah Menginstal Ekstensi di Microsoft Edge

Notebooks.my.id - Dukungan ekstensi Microsoft Edge dapat diaktifkan atau dinonaktifkan menggunakan Editor Kebijakan Grup Lokal atau registri. Jika Anda adalah administrator komputer dan ingin mencegah pengguna menjalankan ekstensi di Microsoft Edge (Chromium), panduan ini memiliki petunjuknya.


Cegah Menginstal Ekstensi di Microsoft Edge


Metode 1: Blokir Ekstensi Tepi Menggunakan Editor Registri.


Berikut adalah cara menggunakan Registry Editor untuk mencegah pengguna menginstal ekstensi Edge:

 1. Klik kanan Mulai, klik Jalankan. Ketik regedit, dan klik OK.

 2. Arahkan ke cabang berikut:

HKEY_LOCAL_MACHINE\SOFTWARE\Policies\Microsoft

 3. Di bawah Microsoft, buat kunci baru bernama Edge.

 4. Di bawah tombol Edge, buat kunci baru bernama ExtensionInstallBlocklist.

 5. Pilih ExtensionInstallBlocklist, dan buat nilai String (REG_SZ) baru bernama 1

 6. Klik dua kali 1 dan datanya sebagai *

ekstensi tepi blok - krom tepi

 7. Keluar dari Editor Registri.


Untuk menyelesaikan pengaturan registri di atas menggunakan baris perintah, buka jendela Command Prompt administrator dan ketik:

reg tambahkan "HKLM\SOFTWARE\Policies\Microsoft\Edge\ExtensionInstallBlocklist" /v 1 /t REG_SZ /d "*"


Tekan enter.


Ekstensi Microsoft Edge diblokir sekarang. Ekstensi yang ada tidak dimuat saat Anda membuka Edge. Dan, ekstensi baru tidak dapat dipasang – baik itu dari Microsoft atau sumber eksternal. Anda akan melihat pesan “Admin Anda telah memblokir “extension_name”. Anda juga akan melihat pemberitahuan Dikelola oleh organisasi di setelan.


ekstensi tepi blok - krom tepi


Halaman edge://policy akan menampilkan daftar kebijakan yang diterapkan dan nilai terkait.


ekstensi tepi blok - krom tepi


Blokir ekstensi yang dipilih saja?


Anda juga dapat memblokir ekstensi individual alih-alih semua ekstensi. Karakter wildcard * menunjukkan semua ekstensi. Untuk memblokir ekstensi tertentu saja, Anda harus menggunakan ID ekstensi sebagai data, dan membuat nilai tambahan 2, 3, 4, dan seterusnya – untuk setiap ekstensi yang ingin Anda blokir.


ID ekstensi ditemukan di URL toko Microsoft Edge Addon itu sendiri. Misalnya, inilah URL toko ekstensi “Adblock Plus”, dan ID-nya ditentukan di bawah ini dengan huruf tebal:

https://microsoftedge.microsoft.com/addons/detail/adblock-plus-free-ad-bl/gmgoamodcdcjnbaobigkjelfplakmdhh?source=sfw

Ingin memblokir hanya ekstensi eksternal?


Ada pengaturan registri lain yang dapat digunakan untuk memblokir hanya ekstensi eksternal. Ekstensi yang tidak dimuat dari toko Pengaya Microsoft Edge disebut sebagai ekstensi yang dipasang secara eksternal.


Untuk memblokir ekstensi eksternal (hanya), gunakan nilai registri BlockExternalExtensions (bukan ExtensionInstallBlocklist)

 1. Di Peninjau Suntingan Registri, buka cabang berikut:

HKEY_LOCAL_MACHINE\SOFTWARE\Policies\Microsoft

 2. Di bawah Microsoft, buat kunci baru bernama Edge jika belum ada.

 3. Di bawah tombol Edge, buat kunci baru bernama BlockExternalExtensions.

 4. Pilih BlockExternalExtensions, dan buat nilai String (REG_SZ) baru bernama 1

 5. Klik dua kali 1 dan datanya sebagai *

 6. Keluar dari Editor Registri.


Metode 2: Blokir Ekstensi Tepi Menggunakan Editor Kebijakan Grup Lokal


Jika Anda menggunakan Windows 10 Pro atau lebih tinggi, Anda dapat menginstal templat kebijakan grup Microsoft Edge (Chromium) dari Microsoft. Setelah Anda menambahkan file template administratif msedge.admx dan msedgeupdate.admx, Anda dapat mengonfigurasi pengaturan di atas melalui Editor Kebijakan Grup Lokal (gpedit.msc).


ekstensi tepi - editor kebijakan grup - admx - chromium

Konfigurasi Komputer? Template Administratif? Microsoft Edge? Ekstensi


Di bawah cabang di atas:


1) Kunci registri ExtensionInstallBlocklist sesuai dengan kebijakan grup "Kontrol ekstensi mana yang tidak dapat diinstal".


Memungkinkan Anda menentukan ekstensi mana yang TIDAK BISA dipasang oleh pengguna. Ekstensi yang sudah diinstal akan dinonaktifkan jika diblokir, tanpa cara bagi pengguna untuk mengaktifkannya. Setelah ekstensi yang dinonaktifkan dihapus dari daftar blokir, ekstensi tersebut akan diaktifkan kembali secara otomatis.


Nilai daftar blokir '*' berarti semua ekstensi diblokir kecuali jika secara eksplisit tercantum dalam daftar yang diizinkan.


2) Kunci registri BlockExternalExtensions sesuai dengan kebijakan grup "Memblokir ekstensi eksternal agar tidak diinstal".


Kontrol pemasangan ekstensi eksternal. Jika Anda mengaktifkan setelan ini, ekstensi eksternal diblokir agar tidak dipasang. Jika Anda menonaktifkan setelan ini atau membiarkannya tidak disetel, ekstensi eksternal diizinkan untuk dipasang.

  ______________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________ ________

أحدث أقدم