Bersihkan file .MSI dan .MSP yang usang di Folder Penginstal Windows untuk Mengosongkan Ruang

Bersihkan file .MSI dan .MSP yang usang di Folder Penginstal Windows untuk Mengosongkan Ruang

 Bersihkan file .MSI dan .MSP yang usang di Folder Penginstal Windows untuk Mengosongkan Ruang

Notebooks.my.id -

Saat Anda menginstal program di Windows, paket pengaturan .msi program akan disalin ke folder Penginstal. Folder Pemasang adalah folder yang dilindungi, dengan atribut Sistem & Tersembunyi, dan ditemukan di bawah folder Windows Anda.


penginstal windows - hapus file yang tidak diinginkan


Apa itu folder Pemasang Windows?


Direktori Installer dimaksudkan sebagai lokasi cache untuk file data installer untuk berbagai aplikasi yang diinstal pada komputer.


Beberapa saat kemudian, Anda mungkin memutuskan untuk memperbaiki, menghapus atau menginstal ulang program melalui Aplikasi & Fitur atau Program & Fitur di Panel Kontrol. Pada saat itu, sistem memerlukan paket .msi dari folder Penginstal untuk memperbaiki, menginstal ulang, atau menghapus instalan perangkat lunak dengan bersih.


Jika file paket pengaturan (.msi atau .msp) yang sesuai tidak ditemukan, Windows akan menampilkan kesalahan “Sumber penginstalan untuk produk ini tidak tersedia. Verifikasi bahwa sumbernya ada dan Anda dapat mengaksesnya.” ketika mencoba untuk memperbaiki atau menghapus masalah.


uninstall program gagal. Penginstal .msi hilang


Entri registri Pemasang Windows


Ketika pengaturan perangkat lunak (yaitu, paket Penginstal Windows) dijalankan, entri registri dibuat untuk program tersebut di bawah cabang berikut:

HKEY_LOCAL_MACHINE\SOFTWARE\Microsoft\Windows\CurrentVersion\Uninstall

HKEY_CLASSES_ROOT\Installer\Products

HKEY_LOCAL_MACHINE\SOFTWARE\Microsoft\Windows\CurrentVersion\Installer\UserData\{SID}\Products


penginstal windows - kunci registri produk Kunci registri penginstal menunjukkan nama Produk, Nama file paket, perintah Uninstall, dll.


SID dapat berupa S-1-5-18. S-1-5-18 adalah Pengenal Keamanan untuk akun “Sistem Lokal”. Jika perangkat lunak yang Anda instal menggunakan kredensial atau token akun Anda, maka itu tertulis di bawah kunci {SID} Anda di registri. Lihat artikel Microsoft Pengidentifikasi keamanan terkenal di sistem operasi Windows.


Catatan: Untuk program 32-bit yang diinstal pada komputer Windows 64-bit, entri dicatat di bawah node registri SOFTWARE\WOW6432Node yang setara.


Cara Aman Membersihkan Folder Penginstal Windows untuk Mengosongkan Ruang Disk


Seiring waktu, direktori Penginstal dapat tumbuh dan menghabiskan banyak ruang hard disk. Anda mungkin bertanya-tanya apakah Anda dapat menghapus file di direktori Windows\Installer atau tidak.


Bisakah Anda menghapus folder Windows\Installer atau beberapa filenya secara sewenang-wenang?


Singkatnya, TIDAK! Anda tidak boleh secara acak menghapus konten folder C:\Windows\Installer secara manual. Sistem secara otomatis mengelolanya.


Terkadang selama rutinitas pencopotan perangkat lunak, tambalan penginstal Windows mungkin menjadi yatim piatu. yaitu, ketika sebuah program dicopot, paket .msi yang sesuai entah bagaimana tertinggal di folder Pemasang Windows. Hanya paket yatim piatu yang dapat dihapus.

Jadi bagaimana Anda menemukan file .msi yatim di folder Pemasang Windows?


Ada program berguna bernama PatchCleaner yang akan mengidentifikasi file yatim di folder Installer. PatchCleaner kemudian menawarkan Anda untuk menghapus file yatim piatu atau memindahkannya ke lokasi lain untuk diuji.


Unduh PatchCleaner dari perangkat lunak homedev, dan jalankan.


patchcleaner untuk membersihkan folder installer windows


PatchCleaner menghitung daftar penginstal, kode komponen dan nama file .msi yang sesuai secara terprogram, menggunakan Windows Scripting.


Kemudian membandingkan daftar file paket yang terletak di folder Penginstal dengan daftar Produk yang ditemukan di registri. File .msi yang tidak memiliki referensi di registri adalah file yatim piatu.


patchcleaner untuk membersihkan folder installer windows


Berikut adalah rincian entri program yang “sedang digunakan” atau valid.


patchcleaner untuk membersihkan folder installer windows


Dan informasi rinci dari entri yatim juga ditampilkan:


patchcleaner untuk membersihkan folder installer windows


Anda dapat menghapus paket penyiapan yatim piatu atau memindahkannya ke folder lain dan kemudian menghapusnya dengan aman setelah beberapa hari.


Semoga artikel ini membantu Anda memulihkan ruang disk yang berharga dengan membersihkan folder Penginstal Windows dengan aman di komputer Anda.

  ______________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________ ________

Previous Post Next Post