Apa itu Sensus Perangkat dan Mengapa Menggunakan Webcam Saya?

Apa itu Sensus Perangkat dan Mengapa Menggunakan Webcam Saya?

 Apa itu Sensus Perangkat dan Mengapa Menggunakan Webcam Saya?

Notebooks.my.id - Ketika program anti-virus Anda menampilkan pesan "Device Census is using your webcam" atau "Webcam Access Blocked" (mengacu pada DeviceCensus.exe), Anda khawatir jika beberapa malware telah menginfeksi sistem Anda. Misalnya, Kaspersky Total Security, ESET, atau program anti-virus lainnya yang Anda instal mungkin memperingatkan Anda tentang beberapa program yang mencoba mengakses webcam Anda.


peringatan webcam sensus perangkat kaspersky


Posting ini memberi tahu Anda apa itu Sensus Perangkat dan bagaimana cara menghilangkan pesan tersebut.


Apa itu Sensus Perangkat (DeviceCensus.exe)


Pertama-tama, tidak perlu khawatir, karena DeviceCensus.exe adalah hadiah yang dapat dieksekusi Microsoft yang sah di komputer Windows 10. Penasihat Aplikasi Kaspersky


Windows 10 berisi layanan Telemetri yang melaporkan kembali ke Microsoft tentang penggunaan perangkat keras, kesalahan, dll. Sensus Perangkat (proses latar belakang) adalah bagian dari Kerangka Telemetri itu, dan prosesnya hanya mengumpulkan data tentang penggunaan webcam Anda. Mengutip Insinyur Dukungan Microsoft Jason [MSFT] melalui Komunitas Microsoft – “Apa itu Sensus Perangkat?”


Untuk menargetkan build ke mesin Anda, kami perlu mengetahui beberapa hal penting:


– Jenis OS (rumah, pro, perusahaan, dll.)


- wilayah


- bahasa


– x86 atau x64


– Cincin orang dalam yang dipilih


- (dll)


Ini adalah proses latar belakang yang berjalan untuk memeriksa mesin Anda dan memberi tahu kami build mana yang harus kami kirimkan kepada Anda.


Sensus Perangkat, singkatnya:

  * “Device Sensus” adalah proses telemetri dari Microsoft.

  * Ini akan menganalisis penggunaan webcam dan komponen lainnya.

  * Data akan dikirimkan ke Microsoft.

  * Transfer data terjadi secara anonim.

  * Tidak ada rekaman yang dibuat. Ini hanya memeriksa seberapa sering perangkat digunakan.

  * Data yang dikumpulkan akan membantu Microsoft untuk mengoptimalkan Windows untuk versi mendatang dan untuk memperbaiki bug.


Hentikan Tugas Terjadwal Sensus Perangkat

Windows 10 menjalankan devicecensus.exe melalui dua tugas terjadwal yang terletak di bawah cabang berikut di Penjadwal Tugas:

Perpustakaan Penjadwal Tugas ? Microsoft ? jendela? Informasi Perangkat


perangkat sensus perangkat dan informasi perangkat tugas terjadwal


Tugas diberi nama Device and Device User. Tugas bernama Perangkat dijadwalkan untuk dijalankan sekali sehari, dan Pengguna Perangkat dijadwalkan untuk dijalankan sekali selama login pengguna. Mereka menjalankan perintah devicecensus.exe SystemCxt dan devicecensus.exe UserCxt, masing-masing.


Beberapa pengguna telah berhasil menonaktifkan tugas di atas untuk menghentikan devicecensus.exe berjalan secara otomatis.


(Namun, seperti yang dikatakan Microsoft devicecensus.exe mengumpulkan data telemetri yang berguna dalam menargetkan build komputer Anda, menonaktifkan tugas atau memblokir devicecensus.exe menggunakan aturan keluar firewall tidak disarankan secara resmi.)


Blokir Akses Sensus Perangkat ke Webcam Anda


Jika Anda ingin membatasi akses ini ke webcam Anda, gunakan dialog Pengaturan di Windows 10.

 1. Klik Mulai, Pengaturan (atau tekan WinKey + i)

 2. Klik “Privasi” lalu klik “Kamera”

 3. Di ”Pilih aplikasi mana yang dapat mengakses kamera Anda”, nonaktifkan “Hub Umpan Balik”.

Menonaktifkan pengaturan akan menghentikan telemetri mengakses atau mengumpulkan data tentang penggunaan webcam Anda. Lihat juga: Mencegah Aplikasi Tertentu Menggunakan Kamera di Windows 10


Menghentikan DeviceCensus.exe dengan aturan firewall keluar


Cara lain untuk menghentikan devicecensus.exe mentransfer data telemetri adalah dengan membuat aturan keluar menggunakan Windows Firewall dengan snap-in Keamanan Lanjutan (wf.msc).


blok devicecensus.exe menggunakan aturan keluar firewall


blok devicecensus.exe menggunakan aturan keluar firewall


Jika Anda masih khawatir tentang beberapa aplikasi pihak ketiga yang mengakses kamera Anda, Anda dapat menempelkan selotip hitam di atas kamera.


Jika melakukan ini, Anda mungkin mempertimbangkan untuk memotong selotip kecil yang hanya cukup besar untuk menutupi lensa kamera dan menempelkannya (sisi lengket ke sisi lengket) ke selotip yang lebih panjang yang akan Anda tempelkan di lensa kamera. Ini akan menghentikan perekat yang benar-benar masuk ke lensa kamera (dan lampu kecil yang digunakan kamera yang ada di sampingnya – Anda tidak ingin merusak lensa jika nanti, Anda ingin menggunakan kamera atau menjualnya komputer.


Ingatlah bahwa ketika memutuskan panjang pita yang lebih besar, mungkin ada dua lubang kecil lainnya di kedua sisinya (misalnya pada Laptop HP seperti milik saya) yang merupakan mikrofon internal. Anda mungkin ingin atau tidak ingin menutupi ini tergantung pada apakah Anda menggunakan mikrofon (atau khawatir tentang akses jarak jauh oleh penyadap). Jika Anda memutuskan untuk menutupinya, Anda mungkin ingin melindunginya dengan selotip PVC kecil lainnya seperti dijelaskan di atas. ~David (“safe-david” di forum Microsoft.)


tips ikon bohlam Untuk melihat program mana yang sedang mengakses kamera Anda, lihat artikel Temukan Program yang Menggunakan Webcam Anda.

  ______________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________ ________

Previous Post Next Post