Apa itu Pencarian yang Disempurnakan (Opsi Pengindeksan) di Windows 10?

Apa itu Pencarian yang Disempurnakan (Opsi Pengindeksan) di Windows 10?

 Apa itu Pencarian yang Disempurnakan (Opsi Pengindeksan) di Windows 10?

Notebooks.my.id - Windows 10 1903 (dengan nama kode "19H1") memperkenalkan opsi pencarian baru bernama Enhanced di bawah bagian Temukan File Saya di halaman Pengaturan. Banyak pengguna mungkin bertanya-tanya tentang apa pengaturan "Ditingkatkan" dan perbedaan antara mode pencarian Klasik dan yang Disempurnakan.


Apa itu Pencarian yang Disempurnakan di Windows 10


Apa itu Pencarian "Ditingkatkan" di Windows 10?


Windows 10 secara default mengindeks folder profil pengguna dan folder menu Start dengan pengecualian AppData dan sub-folder.


Apa itu Pencarian yang Disempurnakan di Windows 10


Applet Opsi Pengindeksan di Panel Kontrol juga memungkinkan Anda untuk menambahkan lebih banyak lokasi folder Pengindeksan pencarian.


Ini adalah cara Windows Search bekerja di Windows Vista hingga Windows 10.


Sedangkan opsi pencarian yang Ditingkatkan yang diperkenalkan di Windows 10 versi 1903 mengindeks seluruh konten komputer Anda, semua hard drive, dan partisi secara default.


Untuk mengaktifkan Penelusuran yang disempurnakan, buka Setelan ? Mencari ? Mencari ? Mencari Windows? Temukan File Saya? Ditingkatkan


Berikut adalah cara Microsoft menjelaskan pengaturannya:


Cari seluruh PC Anda, termasuk perpustakaan dan desktop Anda. Sesuaikan lokasi penelusuran yang dikecualikan di bawah. Memilih opsi ini dapat mengurangi masa pakai baterai dan meningkatkan konsumsi CPU.


Setelah Anda mengubah pengaturan ke Enhanced, pengindeks pencarian mulai mengindeks file tambahan. Status pengindeksan diperbarui pada halaman Pengaturan.


AppData Anda, Program Files, Program Files (x86), ProgramData, Windows dan folder sementara lainnya dikecualikan secara default.


Anda dapat menambahkan lebih banyak lokasi ke daftar pengecualian melalui Pengaturan ? Mencari ? Mencari ? Mencari Windows.


Apa itu Pencarian yang Disempurnakan di Windows 10


Pencarian klasik vs. Peningkatan


Pada dasarnya, saat melakukan pencarian file atau folder, Pencarian Windows menemukan semua item yang cocok terlepas dari pengaturan Klasik atau Ditingkatkan. Namun, pencarian lambat saat menanyakan item di lokasi yang tidak diindeks. Karena opsi Enhanced menambahkan seluruh konten di PC ke indeks pencarian, hasil pencarian muncul lebih cepat, dan pencarian dengan metadata file harus mengambil hasil dengan cepat.


Itulah perbedaan utama antara mode pencarian Klasik dan Enhanced.


Jadi, Klasik vs. Disempurnakan seperti model Keikutsertaan vs. Penyisihan.

* Klasik: Mengindeks folder profil pengguna Anda dan menu Mulai (dengan pengecualian yang telah ditentukan sebelumnya), dengan opsi untuk menyertakan folder tambahan. Pengindeksan konten diaktifkan (default).

  * Enhanced: Mengindeks seluruh PC (dengan pengecualian yang telah ditentukan sebelumnya), dengan opsi untuk mengecualikan folder tertentu. Hanya mengindeks properti utama (kecuali untuk lokasi yang Anda tambahkan secara eksplisit di Opsi Pengindeksan.)


Tidak ada pengindeksan konten dalam mode Enhanced


Mengutip Brendan Flynn, Insinyur Perangkat Lunak Senior, Platform Pencarian Windows:


Mode yang disempurnakan mengaktifkan pengindeksan untuk lebih dari sekadar profil pengguna Anda, tetapi tidak untuk konten. Artinya, pengindeks akan mulai merayapi dan mencari item di drive lain dan di folder lain di drive sistem Anda (tidak termasuk beberapa pembaruan windows dan direktori windows), tetapi itu hanya akan mengindeks properti kunci dari item tersebut sehingga Anda masih bisa temukan mereka melalui semua pengalaman pencarian jendela. Anda tidak akan dapat mencari konten file-file ini dalam mode ini. Ini dimaksudkan untuk membantu pengguna yang ingin dapat menemukan item berdasarkan nama, serta dapat mengurutkan berdasarkan properti paling umum dalam tampilan file explorer.


Ini berarti Anda dapat menemukan semua file tersebut berdasarkan nama file atau properti dasar lainnya, tetapi Anda tidak dapat mencarinya menggunakan kata-kata di dalam konten file. Ini membuatnya lebih cepat dan lebih mudah untuk menemukan file berdasarkan nama daripada dengan mencari melalui sistem file saja.


mode pencarian windows yang ditingkatkan dijelaskan


Pencarian yang Disempurnakan dapat diakses dari Pengaturan ? Pencarian Windows mengaktifkan pengindeksan di semua drive/folder tetapi tanpa konten. Jika tidak, Anda selalu dapat menambahkan semua folder sebagai cakupan yang disertakan dalam opsi pengindeksan juga untuk melihat semuanya.


ikon titik tangan Ketika saya menguji fitur mode yang Ditingkatkan pada sistem yang menjalankan v20H2, pencarian konten bekerja dengan baik untuk folder yang telah saya tambahkan secara manual ke Opsi Pengindeksan. Juga, dengan mode yang ditingkatkan, Pencarian Windows dapat menemukan file yang terletak di lokasi acak (sebelumnya tidak ditambahkan ke Opsi Pengindeksan) dengan sangat cepat, meskipun file tersebut terletak di tiga subfolder.


Karena pengindeksan pencarian adalah tugas yang intensif sumber daya, perayapan awal atau pengindeksan pencarian dilakukan selama waktu idle dan saat terhubung ke daya AC untuk notebook. Saat pengindeksan selesai, Anda akan dapat menemukan semua file Anda hampir seketika saat Anda menggunakan pencarian.


Catatan editor: Saya akan tetap menggunakan opsi Klasik karena saya hanya memiliki 4 atau 5 jalur folder khusus, yang akan saya tambahkan ke lokasi yang diindeks. Mengindeks seluruh drive mungkin bermanfaat jika Anda memiliki ratusan folder yang tersebar di seluruh drive, dan menambahkan setiap folder ke daftar lokasi yang diindeks tidak disukai.


Mengindeks seluruh drive menghasilkan ukuran basis data pencarian menjadi besar, dan mengatur ulang/membangun kembali indeks pencarian setiap kali akan menghabiskan sumber daya yang substansial. Dianjurkan untuk mempertimbangkan keuntungan dan kerugian dari opsi Enhanced dan mempertimbangkan kebutuhan Anda yang sebenarnya.

  ______________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________ ________

أحدث أقدم